Kakak dan Adik


Assalamua'laikum Warahmatulahi Wabaraakatu

Setiap orang ingin berkeluarga dan ingin mempunyai keturunan dari anak kandungnya sendiri. Setiap seorang anak ada yang ditakdirkan memiliki kakak dan adik kandung. Bagi seorang kakak yang memiliki adik haruslah menjadi pemimpin serta contoh yang baik bagi para adik-adiknya, mengajarkan adiknya untuk berbakti kepada orang tuanya dan menjaga adik-adiknya dari bahaya. Sedangkan seorang adik haruslah hormat terhadap kakaknya yang lebih dulu lahir, membantu kakaknya untuk berbakti kepada orang tua, dan mengkritik dengan sopan jika kakaknya salah dalam mengambil tindakan.


Allah Subhanahu wa ta'ala berfirman dalam Al-Qur'an :

"Sesungguhnya orang-orang Mukmin adalah bersaudara. Karena itu, damaikanlah kedua saudara kalian, dan bertakwalah kalian kepada Allah supaya kalian mendapatkan rahmat. "[QS.Al-Hujurat: 10]



Ada seorang kakak yang umurnya berdekatan dengan adik-adiknya dan cenderung kurang dari tiga bersaudara. Kakak yang umurnya berdekatan akan lebih sering bertengkar dengan adiknya. Karna mereka sama-sama memiliki egois yang cukup tinggi dan jarang sekali ada yang mengalah salah satunya. Adik-adiknya susah sekali diatur oleh kakaknya karna adik-adiknya sering mengganggap kakaknya seperti teman sebayanya. Apabila kakaknya mengatur atau menyuruhnya adik-adiknya dan adik-adiknya tidak suka maka adik-adiknya akan segera melawan kakaknya atau membantah kakaknya. Terlebih lagi kakak dan adik akan saling melaporkan kejadian pertengkarannya kepada kedua orang tuanya. Terkadang omongan kakaknya jarang didengar oleh adik-adiknya. Walaupun mereka tidak terlihat kompak tapi mereka saling terbuka satu sama lain.


Ada juga kakak yang mempunyai umur lebih tua dari adik-adiknya dan cenderung memiliki adik lebih dari tiga dan empat. Kakak yang umurnya jauh melebihi adik-adiknya akan lebih dewasa. Kakak yang beda jauh umurnya ini memiliki sifat yang tegas terhadap adik-adiknya sehingga adik-adiknya takut dan jarang membantah apa yang diperintahkan oleh kakaknya karna lebih nurut apalagi bila kakaknya sudah marah. Tak jarang para adik-adiknya akan sering memendam apa yang dirasakannya dan mereka akan curhat kepada orang lain. Tidak ada yang bisa mengatur kakak ini kecuali orang tuanya. Kakak ini akan lebih bertanggung jawab dengan apa yang dia lakukan dalam hidupnya.

Dalam persaudaraan pasti memiliki perdebatan di dalamnya karna rasa sayang yang sulit terucap dari kakak dan adik. Mereka akan terlihat kompak bila saling terbuka satu sama lain. Bagaimana kakak memberikan solusi dari curhatan adik-adiknya. Di sisi lain adik-adiknya mendengarkan dan memberikan rasa hormat di dalam keluarga dan lingkungan sekitar.

Lakukanlah yang terbaik dari posisi kita sebagai kakak atau adik yang telah ditakdirkan kepada kita. Mengalah lebih dulu ketika sesuatu tidak sesuai dengan harapan kita dan barulah katakan pendapatmu tentang sesuatu yang kamu suka. Supaya terjalin komunikasi yang baik antara kakak dan adik. Insha Allah.

Wasalamualaikum Warahmatulahi Wabarakatuh.

No comments:

Post a Comment