Melangkahlah Sejauh Mungkin


Assalamua'laikum Warahmatulahi Wabaraakatu

Bukan perkara mudah mencapai sesuatu dalam waktu singkat. Sekalipun orang itu sudah merencanakannya dengan sangat matang mungkin bahkan bisa terjatuh juga. Penyebab utamanya memang belum rezekinya atau Allah SWT punya rencana lain. Sadar atau tidaknya seseorang dalam mengambil keputusan yang belum matang untuk berhenti melangkah justru bila maju selangkah atau dua langka lagi dia bisa menggapai impian yang telah diusahakannya. Salah satu faktor yang membuat seseorang bertahan adalah orang-orang yang terkadang membantunya dan selalu memberinya motivasi agar tidak menyerah. Mungkin sebagian orang berkata tidak mungkin tapi usaha yang baik akan selalu berbuah manis.


Allah Subhanahu wa ta'ala berfirman dalam Al-Qur'an :

“Bukankah Kami telah melapangkan untukmu dadamu?,Dan Kami telah menghilangkan dari padamu bebanmu, yang memberatkan punggungmu? Dan Kami tinggikan bagimu sebutan (nama)mu. Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan, sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan. Maka apabila kamu telah selesai (dari sesuatu urusan), kerjakanlah dengan sungguh-sungguh (urusan) yang lain, dan hanya kepada Tuhanmulah hendaknya kamu berharap.”[QS.Al Insyirah:1-8]

Banyak orang takut melakukan hal yang tidak biasa dilakukan sebelumnya atau tidak dapat dilalui oleh orang-orang yang mencobanya. Kadang kala kita berfikir sesuatu yang kita usahakan akan gagal, namun belum tentu kita gagal untuk mencobanya. Mungkin saja orang gagal karna cara yang dilakukannya salah. Lalu kita memiliki cara tersendiri yang kemungkinan besar akan berhasil. Dalam 1000x kesempatan pasti tersimpan satu keberhasilan dan satu keberhasilan membawa 1000x lipat keuntungan. Masalah kegagalan yang sudah lewat biarkan pergi namun ambil sesuatu yang berharga dari kegagalan tersebut. Simpan baik-baik sesuatu yang berharga itu untuk menghadapi masalah-masalah yang akan datang lagi yangkita tidak akan pernah tau itu adalah kunci sebuah kesuksesan.

Allah Subhanahu wa ta'ala berfirman dalam Al-Qur'an :
“Dan barang siapa yang bertakwa kepada Allah, niscaya Allah Menjadikan baginya Kemudahan dalam urusannya”.[QS.Ath-Thalaq 65:4]

Tidak semua kegagalan berdampak buruk kedepannya. Justru kita belajar dan berlatih untuk mempersiapkan keberhasilan kita. Tidak ada namanya berputus asa dalam berjuang. Allah SWT ingin melihat hambanya yang bersungguh supaya berkerja keras. Ingatlah segala seseuatu tercapai karna dengan berdo'a dan berikhtiar atau berusaha. Jangan pedulikan apa kata orang bahwa kita akan gagal karna mereka sendiri tidak yakin terhadap kemampuannya justru merekalah yang merasa gagal sebelumnya mencoba. Bila mereka tau kita berhasil, barulah orang-orang yang dulunya meremehkan kita sekarang mendekat kepada kita serta berdiri dan menyambut kita dengan penuh harapan dari hasil yang kita dapat.

Allah Subhanahu wa ta'ala berfirman dalam Al-Qur'an :

"Dan mintalah pertolongan (kepada Allah) dengan jalan sabar dan mengerjakan shalat; dan sesungguhnya shalat itu amatlah berat kecuali kepada orang-orang yang khusyu"
[QS.Al-Baqarah:45]



Kebanyakan orang tidak melihat dengan usaha seseorang tapi mereka sangat membangga-banggakan hasilnya. Mungkin ada cerita sedikit dari seorang yang dulunya bekerja di otlet asing lalu dia di pecat karna kesalahan memasak makanan. Sebelum dipecat atasannya memarahinya bahwa "kamu tidak pantas bekerja disini lebih baik jualan saja". Sejak saat itu, kata-kata atasannya memotivasinya. Tak lama setelah dipecat dia berjualan makanan buatannya sendiri yang hanya bermodalkan tidak kurang dari 500k. Dia sempat beberapa kali merugi tapi dia tetap mencoba resep-resep yang selalun baru. Sampai dengan lebih dari puluhan kali mencoba. Hingga suatu ketika makanan yang di jual laku dalam beberapa jam saja. Tak pikir panjang dia memasak lagi dengan resep yang membuat makanannya laku hingga setiap hari orang memesannya. Mulailah dari situ dia meraih kesuksesannya dan membuka cabang dimana-mana termasuk membeli otlet tempat bekerjanya dulu.


Nasib orang tidak ada yang tau. Mungkin saja orang yang pernah kita remehkan dulu sedang merintih usahanya yang beberapa tahun atau minggu lagi berhasil. Bisa jadi kita sedang mengalami proses itu sekarang. Yang terpenting adalah kita berusaha, kalo perlu kita belajar dari orang-orang sudah sukses. Jika kita sukses janganlah kita merendahkan yang masih belum beruntung. Alangkah baiknya kita membantunya atau bahkan kita bisa bekerja sama dengannya.

Jangan lupakan hal terpenting yaitu tentang ibadah. Jangan sampai kita tertinggal dari orang-orang sholeh karna memikirkan usaha kita. Karna bila kita sukses ibadahnya pasti usaha kita tambah sukses. Bila kita merasa tertinggal dalam hal ibadah maka harus segelah kita mengejarnya. Kalo perlu kita melangkah lebih jauh untuk dapat mengejar ketertinggalan amalan-amalan ibadah kita. Beruntunglah kita bila sukses di dunia dan sukses di akhirat. Mulailah kita mengawali segala msesuatu dengan "Bismilah" dan mengakhiri segala sesuatu dengan "Alhamdulilah".

Wasalamualaikum Warahmatulahi Wabarakatuh.

No comments:

Post a Comment