Bakat Alami dan Kerja Keras


Assalamua'laikum Warahmatulahi Wabaraakatu

Sebelum pembentukan janin di didalam rahim, sel sperma dari ayah kita mengeluarkan jutaan sel spema yang salah satunya adalah kita. Dalam perjalanan banyak yang mati dan sedikit yang bersaing untuk sampai lebih dulu ke sel telur ibu. Yang tercepatlah dan terpilih yang dapat bersatu dengan sel telur. Peluang kita lahir sangatlah kecil di karenakan hanya sperma yang beruntung yang bisa membuahi sel telur. Tidak alasan seseorang untuk tidak berjuang dalam kehidupan ini. Karena sebelum kita dilahir ke dunia ini, kita sudah ditakdirkan berjuang hidup untuk mengalahkan pesaing-pesaing sel sperma yang lain. Setelah itu terbentuknya janin dalam rahim ibu kita. Barulah kita lahir kedunia dengan fitrah kita sebagai manusia yang suci.

Semua orang di dunia ini dilahirkan dengan keunikannya masing-masing. Ada beberapa orang yang dilahirkan dengan bakat khusus yang jarang dimiliki orang. Mereka yang memiliki bakat khusus ini adalah orang-orang hebat dalam profesinya. Seperti contoh ; ilmuan, penemu, atlet, seniman, indigo, dan orang-orang yang bisa dilihat bakatnya sejak dari ke kecil. Mereka yang memiliki bakat yang terpedam dan lebih memilih bekerja seperti biasa Sebagian orang-orang ini diakui oleh dunia sebagai orang yang cerdas dalam bidangnya masing-masing. Semakin mereka melatih bakatnya semakin hebat pula kemampuannya. Peluang mereka sukses lebih besar dibandingkan orang-orang biasa pada umumnya.


Mereka yang memiliki bakat yang terpedam dan lebih memilih bekerja seperti biasa. Mereka yang memiliki bakat biasa ini tak jarang lebih suka melakukan kemampuan pada waktu luangnya atau mencuri-curi kesempatan dalam melakukan bakatnya. Mereka jarang sekali melatih bakatnya dikarenakan orang tuanya tidak, biaya, lingkungan yang tidak mendukung, dan faktor-faktor yang lainnya. Sehingga bakat mereka tidak terlatuh dengan baik. Justru apabila mereka melatih bakatnya dan berani meninggalkan pekerjaan lamanya untuk mengembangkan bakat yang dimilikinya kemungkinan besar mereka akan menjadi orang yang hebat dari mereka bayangkan.

Ada beberapa orang yang hanya memiliki semangat dalam hidupnya untuk mencapai tujuannya. Mereka tidak mengandalkan bakatnya tapi kemauan yang keras yang mendorong untuk sukses dalam karya yang dibuatnya. Kerja keras adalah orang-orang yang tidak mau menyerah pada keadaan sesulit apapun meskipun mereka gagal. Mereka akan mencoba terus sampai Allah SWT memanggilnya pulang. Mereka yang pekerja keras sering menjadi motivasi bagi orang-orang disekelilingnya dan pembelajaran yang baik bagi orang-orang yang ingin berusaha. Bagi mereka proses itu sangat berharga yang hanya didapatkan dengan bekerja keras. Dengan hasil kerja kerasnya itu bisa membantu orang lebih baik lagi yang tidak memiliki nasib yang baik.

Allah Subhanahu wa ta'ala berfirman dalam Al-Qur'an :
"Dan orang-orang yang berusaha dengan bersungguh-sungguh kerana memenuhi kehendak agama Kami, sesungguhnya Kami akan memimpin mereka ke jalan-jalan Kami (yang menjadikan mereka bergembira serta beroleh keredhaan) dan sesungguhnya (pertolongan dan bantuan) Allah adalah berserta orang-orang yang berusaha membaiki amalannya."[QS.Al'Ankabut:69]

"Dan sesiapa yang menghendaki akhirat dan berusaha mengerjakan amal-amal yang baik untuk akhirat dengan usaha yang layak baginya, sedang dia beriman, maka mereka yang demikian keadaannya, diberi pahala akan amal usahanya."[QS.Al-Israa':19]

Apapun bakat kita kalo tidak di latih dengan kerja keras maka kemampuan yang sebenarnya dari dalam diri kita tidak akan keluar dengan maksimal. Semua orang bisa sukses asalkan mau berjuang dan bekerja keras. Orang yang mau berusaha dan bekerja keras yang akan menentukan kesuksesannya di masa depan. Diiringi dengan do'a kepada Allah SWT atas semua yang telah kita lakukan supaya mendapat berkah dan keselamatan dunia dan akhirat.

Wasalamualaikum Warahmatulahi Wabarakatuh.

No comments:

Post a Comment