Tidak Ada Tempat Bersembunyi



Assalamua'laikum Warahmatulahi Wabaraakatu.


Tidak ada satu pun tempat di alam dunia yang luput dari pengawasan Allah SWT. Dialah sang pencipta dari yang tidak ada menjadi ada. Dia tidak membutuhkan bantuan untuk menciptakan segala sesuatu cukup dengan kalimat "jadi, maka jadilah". Pengawasa-Nya tidak terbatas tidak seperti makhluk ciptaannya ataupun alat ciptaan manusia. Didalam dasar laut paling dalam ataupun didalam tanah paling dasar walaupun tempat itu bertindih-tindih saling menutupi tetap Allah SWT Maha Melihat dan senantiasa memberikan karunia-Nya dimanapun makhluknya berada.

Semua ciptaan-Nya berada dalam pengawasan-Nya setiap saat. Begitupun setiap rizki makhluknya telah ditentukan ketetapannya masing-masing. Bila kita semakin dekat dengan-Nya, lalu sebagian rizki kita di amalkan secara cukup, maka rizki itu ditambah berlipat ganda. Tidak ada makhluk di dunia ini merasa kelaparan kecuali orang-orang yang berkecukupan dan pemerintah negara membiarkan mereka kelaparan. Mereka di beri tanggung jawab menjalankan perintah Allah SWT untuk berlaku adil, tapi mereka tenggelam dengan kemewahan dan berlomba-lomba menambah hartanya. Maka diakhirat kelak mereka tidak mendapat balasan kecuali balasan siksa neraka.



Tidak sedikit dari mereka membangun bangker-bangker kokoh untuk terhindar dari bencana alam dan kematian. Menciptakan keabadian dengan formula-formula bagi umat manusia untuk hidup terus menerus tanpa sakit dan kematian. Menciptakan alat canggih untuk bertahan dari serangan negara-negara lain, padahal sama saja mereka telah merusak alam dunia ini dalam pembuatanya. Mereka hanya takut kepada yang terlihat serta bencana-bencana besar yang akan datang tapi mereka lupa kepada Allah SWT yang menciptakan semua ini. Bagi orang-orang yang beriman semua yang datang adalah sudah ketetapan takdir Allah SWT. Tidak ada yang bisa menolaknya ataupun membelokannya sehingga itu tidak terjadi kepadanya.


Allah Subhanahu wa ta'ala berfirman dalam Al-Qur'an :

''Dan betapa banyak umat yang telah kami binasakan sebelum mereka, (padahal) mereka lebih hebat kekuatannya daripada mereka (umat yang belakangan) ini. Mereka pernah menjelajah di beberapa negeri. Adakah tempat pelarian (dari kebinasaan bagi mereka)?''[QS.Qaaf:36]

- Lakukanlah maksiat di tempat mana saja tapi jangan melakukannya
  di atas langit dan bumi -Nya.
- Lakukanlah maksiat di tempat mana saja tapi apapun yang kita makan tidak berasal
  dari rizki -Nya.
- Lakukanlah maksiat di tempat mana saja tapi saat kita melakukannya, Malaikat Izrail datang
  dan kita bisa menolak takdir -Nya.
- Lakukanlah maksiat di tempat mana saja tapi kita tidak bisa dibakar
  oleh api neraka -Nya
- Lakukanlah maksiat di tempat mana saja tapi yang tidak terlihat oleh Allah SWT.

Allah Subhanahu wa ta'ala berfirman dalam Al-Qur'an :
“Dan Dia (Allah) bersama kamu di mana saja kamu berada. dan Allah Maha melihat apa yang kamu kerjakan.[QS:AL Hadid:4]

Kita hidup hanya untuk beribadah kepada Allah SWT. Sudah pasti kita diawasi-Nya setiap saat. Dicatatlah apa yang kita perbuat oleh Malaikat Raqib dan Malaikat Atid. Seharusnya kita malu berbuat salah dan dosa. Apalagi terus menerus melakukannya tanpa rasa berasalah. Takutlah kita kepada Allah SWT akan apa balasannya nanti.

Wasalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

No comments:

Post a Comment