Rokoklah Yang Menghisapmu


Assalamua'laikum Warahmatulahi Wabaraakatu.

Rokok termasuk dari Khobaits ( sesuatu yang buruk dan jelek ), karena rokok adalah produk berbahaya dan adiktif, serta mengandung 4000 zat kimia, di mana 69 di antaranya adalah karsinogenik (pencetus kanker). Sesuatu yang tidak dimulai dengan mengucapakan bismilah den menghakhiri dengan alhamdulilah pasti itu sesuatu yang buruk. Tidak ada orang yang merokok mengucapkan bismillah saat memulai merokok dan selesai merokok mengucapkan alhamdulilah.

Apalagi anak mudah zaman sekarang sudah banyak yang merokok akibat pergaluan dan melihat orang tua merokok. Semuanya berawal dari merokok lalu mencoba hal yang lebih nikmat lagi dari rokok sampai minum-minuman bahkan sampai narkoba. Itulah langka-langka setan, semua bertahap dari yang ringan sampai yang berat tanpa mereka sadari. Saya tidak merokok, makanya saya tidak terjerumus dalam hal-hal kenikmatan dunia yang merugikan tubuh. Semua tergantung pada pengendalian diri, jadi diri sendiri. Jika sejak dini mengenal hukum-hukum Agama pasti kehidupannya tentram.


Merokok itu tidak baik bagi kesehatan, tak jarang orang tua melarang agar anaknya tidak merokok karena itu tidak bersifat merusak tubuh dan itu suatu kenikmatan yang menghancurkan tubuh. Bukan rokoklah yang mereka hisap, tapi rokoklah yang menghisap nikmat sehat hari demi hari tanpa disadari olehnya. Apa bedanya rokok dengan miras dan narkoba, semuanya nikmat tanpa mengahancurkan mereka selama-lamanya. Semua itu adalah suatu yang buruk dan pemborosan serta pekerjaan yang sia-sia.


Allah Subhanahu wa ta'ala berfirman dalam Al-Qur'an :“Sesungguhnya pemboros-pemboros itu adalah Saudara-saudara syaitan dan syaitan itu adalah sangat ingkar kepada Tuhannya”[QS.Al Isra’:27]

“Dan janganlah kamu menjatuhkan dirimu sendiri ke dalam kebinasaan“. [QS.Al Baqarah:195].

“ Dan menghalalkan bagi mereka segala yang baik dan mengharamkan bagi mereka segala yang buruk .“[Qs.Al-A’raf:157]



- Merokok menurut ilmu kedokteran;merugikan organ tubuh.

- Merokok menurut ilmu ekonomi;pemborosan uang.

- Merokok menurut ilmu sosial;mengganggu kenyaman orang lain.

- Merokok menurut ilmu alam;menyebabkan polusi udara.

- Merokok menurut ilmu kehutanan;salah satu penyebab kebakaran hutan.

- Merokok menurut ilmu kelautan;merusak sistem bawah laut.

- Merokok menurut ilmu komputer;menyebabkan konsleting komputer.

- Merokok menurut ilmu hukum;mengganggu masyarakat.

- Merokok menurut ilmu teknik;pencemaran limbah beracun.

Note : Merokok hanya dibenarkan dalam ilmu keegoisan orang yang merokok.

Merokok membunuh dirimu perlahan-lahan ibarat disiksa dulu baru dibunuh. Merokok merugikan lingkungan sekitar seperti pencemaran udara termasuk manusia. Orang perokok merusak keturunan dan generasi muda, bila ditanya kenapa merokok? karena orang tua merokok. Anak mengikuti apa yang dicontohkan oleh orang tuanya, bila anak tersebut membiarkan hal tersenut berarti dia gagal menjadi orang tua. Allah menyuruh kita memakan dengan yang halal lagi baik. Apalagi rokok itu adalah pemborosan yang merusak.

Allah Subhanahu wa ta'ala berfirman dalam Al-Qur'an :

“Dan janganlah kamu membunuh dirimu; sesungguhnya Allah adalah Maha Penyayang kepadamu“. [QS.An-Nisaa:29].

“Hai sekalian manusia, makanlah yang halal lagi baik dari apa yang terdapat di bumi, dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah syaitan, karena sesungguhnya syaitan itu adalah musuh yang nyata bagimu.”[QS.Al-Baqarah:168]

“Hai orang-orang yang beriman, makanlah di antara rezeki yang baik-baik yang Kami berikan kepadamu dan bersyukurlah kepada Allah, jika benar-benar hanya kepada-Nya kamu menyembah.[ QS.Al Baqarah:172]

“Dan carilah pada apa yang telah dianugerahkan Allah kepadamu (kebahagiaan) negeri akhirat, dan janganlah kamu melupakan bahagianmu dari (kenikmatan) duniawi dan berbuat baiklah (kepada orang lain) sebagaimana Allah telah berbuat baik kepadamu, dan janganlah kamu berbuat kerusakan di (muka) bumi. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berbuat kerusakan. [QS.Al-Qashash:77].


Bagi kalian yang sudah terlanjur merokok, berhentilah dan lakukan hal-hal yang baik jangan merusak. Bagi yang tidak merokok jangan sekali-kali mencoba, berlindunglah kepada Allah SWT dari segala macam bahaya yang kapan saja menyerang dirimu.

Waalaikumsalam Warahmatullahi Wabarakatuh


No comments:

Post a Comment